Sabtu, 25 Oktober 2014

Shingeki no Kyojin



Wah..., udah lama banget ane menghilang tiba-tiba dari blog. Karena itu, ane minta maaf, ye~ Soalnya hari-hari ane hampir penuh tugas sekolah, makanya ga sempat nge-blog lagi... ^^"

To the point aja, baru-baru ini satu anime masuk daftar favorit ane, judulnya Shingeki no Kyojin (judul alternatif: Attack on Titan), yang dikarang oleh Hajime Isayama. Animenya dirilis tahun 2013, tapi manganya sudah rilis 4 tahun sebelum animenya rilis (dan anehnya, manganya kalah populer dengan animenya).

Anime ini menceritakan tentang seorang remaja laki-laki bernama Eren Yeager yang berambisi membunuh semua raksasa setelah ia menyaksikan ibunya yang dimangsa oleh salah satu raksasa yang masuk ke dalam satu di antara tiga dinding. Salah satu dinding itu (kalo ga salah namanya Dinding Maria) dimasuki oleh beberapa raksasa setelah sebelumnya dijebol oleh Colossal Titan (10 meter lebih tinggi dibandingkan dinding pelindung) serta Armored Titan. Ia berusaha mewujudkan ambisinya dibantu saudara angkatnya yang bernama Mikasa, serta Armin yang juga teman dekatnya.

Oh iya, dalam anime ini, konon manusia nyaris mengalami kepunahan akibat serangan dari para raksasa. Raksasa-raksasa itu memangsa manusia bukan karena kebutuhan makanan, namun karena ingin melenyapkan manusia. Oleh karena itu, para manusia yang selamat itu membangun tiga dinding: Maria, Rose, dan Sina. Tiga dinding tersebut bertahan selama seabad, hingga kejadian yang ane baru bilang di atas itu terjadi.

Nah, itu baru plot sederhananya. Sekarang bagian kesukaanku: pengenalan karakter!
  1. Eren Yeager, remaja laki-laki yang menjadi karakter utama anime ini. Seperti yang kubilang sebelumnya, ia ingin membalaskan dendam ibunya kepada para raksasa. Saat ia masih anak-anak, ia ingin sekali masuk Korps Pengintai meski dilarang orang tuanya (dan akhirnya masuk juga). Ia juga dapat berubah menjadi raksasa setelah sebelumnya ayahnya menyuntikkan suatu zat padanya. Ia pun dititipkan kunci lab oleh ayahnya untuk mengetahui rahasia yang selama ini menyelimutinya.

  2. Mikasa Ackerman, remaja perempuan yang juga saudara angkat Eren. Ia menjadi saudara angkatnya setelah orang tuanya dibunuh oleh sekelompok penjahat. Di Korps Pelatihan, ia dikenal sebagai orang yang nomor satu. Kemungkinan ia punya perasaan tertentu terhadap Eren, ia ingin selalu ada di sisinya dengan alasan ingin melindunginya.

  3. Armin Arlert, kawan dekat Eren. Ia agak payah dalam bertarung melawan raksasa, namun kepintarannya sangat berguna dalam menyusun berbagai taktik. Saat ia masih anak-anak, ia kerap dilindungi oleh Eren dan Mikasa. Selain itu, ia juga yang membuat Eren berkeinginan untuk menelusuri dunia luar dinding.
  4. Jean Kirstein, remaja laki-laki yang jatuh cinta kepada Mikasa (setelah ia melihat rambutnya yang berkibar di ruang makan), tapi juga suka cemburu dengan kedekatan Eren dan Mikasa sehingga ia sering tidak akur dengan Eren. Awalnya ia ingin masuk Kepolisian Militer karena cari aman, namun ujung-ujungnya masuk ke Korps Pengintai juga.

  5. Marco Bott, kawan dekat Jean yang sering memberi semangat dan kepercayaan kepada teman-temannya. Namun pada suatu hari, Jean menemukannya tewas dengan separuh tubuh yang hilang.
  6. Connie Springer, remaja laki-laki yang bisa dibilang tidak begitu pintar. Namun, ia mempunyai kemampuan bertarung yang cukup baik.
  7. Sasha Blouse, remaja perempuan yang suka makanan terutama kentang rebus (ia dijuluki 'gadis kentang' karenanya). Aslinya ia tangguh, tapi ia mudah panik setiap berhadapan dengan raksasa.
     
  8. Krista Lenz, disebut-sebut beberapa penggemar sebagai lolinya anime ini. Teman-temannya melihatnya seperti dewi karena kebaikan hati dan kecantikannya.
     
  9. Ymir, perempuan berwajah sayu yang kemungkinan punya ketertarikan dengan Krista (sampai-sampai banyak yang nge-ship mereka karena ia pernah bilang kalau ia ingin menikahi Krista). Oh iya, bisa dibilang ia adalah reverse trap di anime ini, banyak yang menyangka ia laki-laki termasuk teman ane sendiri.
     
  10. Reiner Braun, laki-laki bertubuh tegap yang juga bermental kuat. Teman-temannya melihatnya seperti seorang kakak.
     
  11. Bertolt Hoover, laki-laki bertubuh jangkung yang tangguh namun kurang inisiatif. Ia juga teman dekat Reiner sejak kecil.
     
  12. Annie Leonhart, perempuan pendiam, satu-satunya yang masuk Kepolisian Militer di antara 12 orang dari Korps Pelatihan yang ane perkenalkan. Ia dapat berubah menjadi Female Titan. Namun, setelah ia dikalahkan oleh Eren yang saat itu berwujud raksasa di Distrik Stohess, ia terperangkap dalam sebuah kristal. Kalo ga salah, peristiwa itu ada kaitannya dengan ayahnya yang pernah melatihnya dengan keras. Di akhir season 1, ia (masih terperangkap dalam kristal) dijaga oleh Korps Pengintai.
     
  13. Levi, laki-laki yang menyandang gelar Kopral Muda di Korps Pengintai. Tampangnya boleh dibilang ogah-ogahan, namun kemampuan bertarungnya tidak bisa diragukan lagi. Ane juga pernah dengar kalo ia lebih suka bersih-bersih ketimbang bertarung, meski kemampuannya itu sangat baik.
     
  14. Hange Zöe, ketua salah satu regu di Korps Pengintai yang gemar meneliti raksasa. Ia juga kerap melakukan hal-hal ekstrim, seperti mencoba ngobrol dengan raksasa.
     
  15. Erwin Smith, laki-laki yang menyandang gelar Komandan di Korps Pengintai. Menurut ane, di balik sikapnya yang kadang mengintimidasi anggota barunya, ia punya tujuan yang sebenarnya baik.

Ternyata banyak juga yang ane perkenalkan. Greget, ya? #wut

Ane udah nonton semua episode di season 1. Salah satu temanku bilang kalo anime ini penuh dengan misteri, dan benar di benakku. Bagaimana tidak, pertanyaan-pertanyaan ini muncul setelah selesai menontonnya.
  1. Bagaimana bisa Annie berubah menjadi raksasa, dan untuk apa ia menjadikan Eren sebagai sasaran keganasannya?
     
  2. Annie tidak tertangkap saat pemeriksaan manuver 3D, padahal ia membunuh dua raksasa yang jadi objek penelitian Hange dan anggota regunya. Ternyata, saat itu Annie membawa manuver 3D milik Marco. Apakah benar Marco ikut terlibat dalam hal ini (ane asumsikan ia jadi korban)?
     
  3. Kunci yang ada pada Eren belum pernah dipakai. Kira-kira apa yang akan ia temukan saat ia berhasil membuka pintu lab ayahnya? Jika ayahnya menghilang, apa yang sebenarnya terjadi dengannya?

Dan sayang sekali, ane bukan manga reader tulen... =w= #dor

Yap, setelah ngebahas serial yang penuh misteri, sekarang ane mau sedikit ngebahas serial versi chibi-nya, yang animasinya dibuat oleh Yuupon Nitroplus tahun ini (dan baru saja berakhir di episode 9). Plotnya sebenarnya sama saja dengan serial aslinya, hanya saja ceritanya lebih difokuskan ke keseharian Eren dan teman-temannya selama lima tahun di Korps Pelatihan (meski ada sebagian episode yang difokuskan ke anggota Korps Pengintai) dan genrenya pun lebih condong ke komedi; mulai dari Eren yang terlambat masuk kelas sampai upacara kelulusan yang berakhir dengan ditelannya semua peserta oleh Colossal Titan. Serial ini terdiri dari 2-3 hari per episode yang berdurasi sekitar 6-11 menit. Lucunya, ada saja yang dimakan Colossal Titan (satu-satunya raksasa yang muncul di serial itu) di setiap akhir hari dan di hari selanjutnya yang bersangkutan muncul kembali.

Ane udah coba nonton beberapa episodenya secara online (baca: streaming) dan ternyata banyak kejadian kocak yang terjadi pada Eren dkk. Berikut ini beberapa quote kocak (beberapa di antaranya sudah ane coba terjemahkan) yang ada di dalamnya. Sorry kalo salah kutip xD

(dalam hati) Memotong daging? Apa mungkin maksudnya ahli memasak daging? Waah, tipe ibu rumah tangga~ -Jean, sambil membayangkan Mikasa yang memasak daging [lupa episode keberapa]

Sudah kuduga, Eren menyukai yang beginian.... -Mikasa, sambil membuat gestur bentuk tubuh wanita [episode 3]

Reiner lebih parah.... Kau tahu sendiri, 'kan? Caranya ia melihatmu itu mesum sekali.... -Ymir ke Krista [lupa episode keberapa]

...Apa aku baru saja melihat hantu...? -Marco, setelah terbangun akibat ditampar tiba-tiba oleh Jean [episode 7]

0 komentar:

Posting Komentar